HomeDesain RumahTips Desain Rumah Idaman Minimalis

Tips Desain Rumah Idaman Minimalis

Desain rumah idaman minimalis – Membuat desain rumah idaman yang minimalis itu kadang-kadang bisa dikatakan sebagai hal yang susah-susah gampang. Bagaimana cara mengatur kebutuhan banyak ruang sementara luas bangunan rumah minimalis. Juga mengatur cara agar  konsep perbedaan kesan visual tetap terlihat. Hal yang paling utama adalah pengaturan rumah tetap terlihat bersih, terang serta inspiratif. Konsep yang lebih penting lagi adalah tidak menambah barang sebelum menyingkirkan yang sudah ada.

Desain Rumah Idaman Minimalis

Desain Penataan Rumah Minimalis

Ada rumor yang mengatakan bahwa kata ‘minimalis’ ini dilontarkan oleh pihak pebisnis untuk menggambarkan bentuk yang lurus, kotak, dan tidak mempunyai lekuk atau model yang banyak. Bagi para arsitektur, mereka tidak menamakan ini sebagai bentuk minimalis. Namun, bagi orang awam, apapun bentuknya yang paling penting adalah mempunyai rumah dan rumah itu nyaman ditinggali. Rumah minimalis itu lebih banyak berukuran kecil karena memang lebih mudah membentuknya.

Ada juga rumah dengan ukuran sedang dan besar berbentuk minimalis. Tetapi biasanya rumah ukuran besar yang berbentuk minimalis ini malah tidak terlihat anggun. Apalagi tidak dilengkapi dengan taman yang rapi dengan tanaman yang tidak terlalu banyak ornamen yang membuat kesan tampak depan rumah terlihat berat. Semua bentuk itu harus disesuaikan satu sama lainnya. Selain memikirkan apa yang telah diidamkan, juga harus memikirkan kegunaan atau fungsinya.

Berikut ini poin yang biasanya digunakan dalam penataan rumah idaman.

Deskripsi Kebutuhan Ruang
Investigasi secara keseluruhan ruang yang ada. Lalu Anda dapat mencoba mendeskripsikan ruang yang dibutuhkan. Masing-masing orang memiliki kebutuhan yang berbeda. Seorang bujangan tentu memiliki kebutuhan berbeda dibandingkan keluarga kecil. Anda pun dapat menata ruangan menjadi  satu di dalam suatu ruang yang aktif, simpel, terbuka. Yang penting sesuaikan dengan gaya hidup dan kebutuhan Anda.

Kreasi Ruang Multi Fungsi
Jika desain rumah idaman minimalis Anda kini sudah terbayang. Lakukan beberapa perubahan untuk menciptakan ruang multi fungsi sesuai dengan gaya hidup Anda. Anda hanya harus mengetahui perbedaan prinsip antara ruang multi fungsi dan ruang dengan fungsi tunggal. Kalau rumah berukuran kecil maka buang semua sekat dan buatlah sekat imajiner yang tidak membuat ruangan menjadi sempit. Bila perlu tinggikan plafon dan beri gypsum dengan meletakkan lampu ke dalam langit-langit sehingga terkesan lebih rapi.

Perbedaan prinsip antara model ruang multi fungsi dengan ruang satu fungsi adalah pada pembatas antar ruangnya. Di ruang multi fungsi tidak ada pembatas masif antar fungsi ruang. Pembagian fungsi ruangnya begitu terbuka. Beberapa aktivitas antar anggota keluarga dapat terlihat tanpa adanya dinding penghalang. Kalau pun akan memisahkannya, bisa menggunakan perabotan atau menggunakan perbedaan warna ubin lantai yang dipakai. Peralatan yang diletakkan di ruanag tersebut juga bisa menjadi pembeda antar ruangan.

Selain itu, ruang multi fungsi umumnya mempunyai luas ruang yang cukup lega. Jika rumah Anda terbatas, Anda bisa mensiasatinya dengan beberapa cara, antara lain:

1. Gunakan pembatas ‘psikis’ seperti karpet yang sama bentuk namun beda ukuran pada setiap fungsi ruang. Atau karpet sama ukuran namun beda motif dan warna, dan seterusnya.

2. Gunakan pembatas semi masif seperti kerai bambu yang tergantung melayang untuk memisahkan fungsi ruang yang berbeda. Atau kain transparan yang ringan sebagai pembatas fungsi ruang.

3. Gunakan furnitur berbentuk rendah sebagai pembatas fungsi ruang. Misalnya buffet hiasan yang rendah. Atau rak buku yang cukup rendah, selain berfungsi sebagai penyimpan buku juga dapat menjadi pembatas fungsi ruang.

4. Tonjolkan salah satu fungsi ruang yang ingin terlihat sebagai point of interest dengan memberi dindingnya dengan sapuan warna gelap. Jangan takut menggunakan warna gelap sebagai aksen.

5. Ciptakan ruang ‘diam’ versus ruang ‘bergerak’. Ruang ‘diam’ maksudnya adalah ruang yang dindingnya polos tak berhiasan. Sementara ruang ‘bergerak’ berupa elemen dinding yang mendisplay  hiasan berupa bingkai foto ataupun lukisan. Ruang ‘diam’ diciptakan untuk tempat-tempat yang lebih tenang fungsinya, misal ruang makan. Dan ruang ‘bergerak’ untuk ruang yang membutuhkan mobilitas tinggi seperti ruang keluarga. Kini saatnya berkreasi mewujudkan rumah kecil idaman pola minimalis kepunyaan Anda.

Populer

Pada waktu ini konsep rumah minimalis telah mencapai puncak kepopulerannya. Hampir semua bangunan rumah baru di Indonesia selalu menerapkan konsep ini, mengikuti trend yang juga melanda negara lain di seluruh dunia. Konsep yang dianggap sangat sederhana dan sesuai dengan keadaan sekarang. Luas tanah yang tidak terlalu besar dengan harga bahan bangunan yang semakin mahal, membuat orang berpikir mengapa harus mempunyai rumah besar kalau menyulitkan baik secara keuangan maupun untuk memelihara rumah tersebut.

Bagi orang zaman dahulu, rumah minimalis itu seperti sebuah kamar saja. Sangat kecil. Padahal, rumah berukuran sedang bahkan besar pun terkadang mempunyai bentuk minimalis karena tidak menggunakan konsep berat seperti arc deco atau konsep dengan berbagai pemisahan ruangan. Minimalis ini dianggap sebagai ssatu konsep yang mewakili perkembangan zaman. Semua serba cepat, kecil, dan tidak merepotkan.

Baca Juga : Desain Rumah Idaman Keluarga
Rumah  Minimalis Sebagai Karya Seni
Membuat rumah idaman minimalis pada dasarnya adalah menyatukan nilai seni, arsitektur, kerajinan, interior, dan teknologi serta beberapa cabang ilmu pengetahuan yang lain. Bentuk bangunannya terkesan lebih modern dan menjadi simbol pluralisme. Agar lebih bisa memahami seni membuat rumah minimalis, mungkin bisa membandingkannya dengan model arsitektur rumah lain yang maksimalis yang juga menonjolkan seni namun banyak yang menganggapnya terlalu berlebihan. Bahkan terkesan sangat norak.

Mengutamakan Fungsi Dari Rumah Minimalis
Saat ini banyak masyarakat yang memahami secara keliru terhadap  konsep dari rumah minimalis. Mereka beranggapan bila bentuk minimalis itu selalu didominasi dengan garis atau kotak di luar. Maka yang terjadi adalah, konsep minimalis hanya terjadi di luar bangunan rumah saja. Sementara apa yang berada di dalam rumah tetap tidak menggunakan konsep rumah minimalis.

Pada dasarnya membuat rumah yang bisa menjadi idaman namun tetap terkesan minimalis  adalah jangan terlalu banyak menggunakan hiasan atau asesoris. Bila tetap menggunakan hiasan, fungsinya bukan untuk menampilkan keindahan saja. Misalnya di tembok ada kaca yang selain berfungsi untuk memperindah bentuk ruangan namun juga berguna untuk melancarkan masuknya sinar matahari untuk penerangan sehingga bisa menghemat penggunaan energi listrik.

Jadi di sini penggunaan suatu barang lebih mengutamakan fungsinya daripada untuk keindahan. Jadi membuat bangunan minimalis agar bisa tetap menjadi rumah idaman harus memperhatikan proses pengerjaannya yang lebih detail dan teliti. Sangat baik kalau sebelum membangun rumah atau membeli sebuah rumah, telah mempelajari apa yang diinginkan dari rumah tersebut. Apa yang diinginkan ini akan menjadi satu landasan pembuatan dan pembentukan sebuah rumah dan interiornya.

Membuat Desain Rumah Idaman Minimalis

Desain minimalis adalah desain yang lebih mengutamakan unsur-unsur yang berupa garis tegas, lurus atau bidang dan menggunakan warna yang terang dan berkesan berani. Maka agar bisa menjadi rumah idaman minimalis, ketika membangun perlu memperhatikan hal-hal, seperti, rencana untuk penataan ruang yang lebih efektif serta fleksibel. Terutama pada sirkulasi pengaturan udara dan sinar agar bisa lebih sederhana namun hasil yang dicapai bisa lebih maksimal.

Selain itu selalu menggunakan unsur berupa garis yang tegas, tegak, dan pengaturan warna yang berani dan terang. Perhatikan pula secara detail penataan proporsi dalam penggunaan warna, komposisi bahan serta faktor lain hingga bisa menghindari kesan bosan dan monoton. Selalu menggunakan konsep tropis, karena inilah salah satu dasar dari konsep rumah idaman minimalis. Utamakan penggunaan bahan yang lebih tahan panas, sesuai dengan ciri utama dari alam tropis.

Jangan terlalu banyak memasukan unsur ornamen, karena ini bukan konsep dari rumah idaman minimalis. Bahkan kalau bisa dihilangkan saja. Perhatikan pula desain tata ruang atau interior yang tetap konsisten menggunakan konsep minimalis yang lebih mengutamakan fungsi namun lebih sederhana dan irit. Walaupun irit, jangan membayangkan bahwa harga rumah minimalis ini bisa sangat murah apabila terletak di tengah kota. Rumah tipe 36 pun bisa mencapai 400 juta.

Jadi bentuk rumah dan letak tanah akan menentukan harga rumah. Kalaupun ingin membelinya di pinggiran kota, tetap memperhatikan kelancaran transportasi dan apakah letak rumah tersebut akan banjir atau tidak.

Demikianlah pembahasan dari Tips Desain Rumah Idaman Minimalis, jika anda membutuhkan Jasa Arsitek Indonesia Harga Terjangkau maka anda dapat menghubungi kami Surya Arsitek Studio. Kami surya arsitek studio merupakan perusahaan jasa desain rumah berpengalaman dengan tenaga ahli yang sudah bertahun-tahun dibidangnya. Hubungi 081334919286 untuk konsultasi desain arsitek rumah impian anda