HomeDesain RumahDesain Rumah Idaman Keluarga

Desain Rumah Idaman Keluarga

desain rumah idaman

Desain Rumah Idaman – Memiliki rumah idaman adalah impian setiap orang, terlebih yang telah berkeluarga. Untuk memperoleh hunian yang sesuai dengan desain keinginan, dibutuhkan dana yang tidak sedikit, waktu, dan tenaga. Kreativitas pun harus dikerahkan untuk mewujudkan visi serta memenuhi kebutuhan seluruh penghuni rumah.

Sebelum menuangkan gambaran hunian ke dalam bentuk sketsa, sebaiknya calon pemilik rumah mendata terlebih dulu ruangan-ruangan dan detail yang dibutuhkan. Misalnya, berapa buah kamar tidur, luas dapur, bentuk teras, penyediaan tempat untuk ruang cuci serta jemur, dan sebagainya.

Setelah semua detail ditentukan, saatnya membuat rancangan atau desain bentu dan denah rumah. Calon pemilik rumah bisa menggunakan jasa arsitek atau menggambarnya sendiri. Desain rumah juga bisa membantu penghitungan biaya dan waktu pembangunan, serta upah buruh bangunan. Kemudian calon pemilik rumah dapat menentukan material-material yang akan diterapkan untuk hunian idamannya.

desain rumah idaman

Desain Rumah Idaman Keluarga

Masalah utama yang dihadapi oleh  pasangan muda Indonesia yang menghuni rumah mungil siap huni melalui fasilitas kredit perumahan adalah keterbatasan luas dan ruang.

Namun upaya untuk mengatasi desain rumah idaman keluarga adalah dengan memanipulasi tampilannya. Baik dari sisi interior maupun tampilan eksteriornya.

Problem Desain Idaman

Rumah-rumah mungil yang biasa dibangun oleh broker maupun developer perumahan biasanya memiliki desain yang standar. Meskipun luas bangunannya berbeda antara tiap tipe, namun konsep desain rumahnya hampir sama.

Rumah-rumah tersebut hanya menyediakan beberapa ruang penting yang dibutuhkan oleh sebuah rumah. Yakni, satu atau dua ruang tidur, kemudian kamar mandi, dan dapur. Bahkan beberapa rumah bertipe kecil seperti tipe 21 atau 30, dibangun tanpa dapur.

Kendala utama yang ditemui pada rumah mungil Anda adalah keterbatasan ruang yang dimiliki. Apalagi bila kebutuhan ruangnya cukup banyak. Maka usaha pemisahan ruang berdasarkan fungsi masing-masing justru akan makin mempersempit rumah.

Kendala Desain Rumah Idaman

Beberapa tindakan yang dilakukan untuk mengatasi desain rumah mungil Anda biasanya juga menemui beberapa kendala. Antara lain :

  • Keterbatasan kemampuan visual tukang/pemborong yang mengerjakan renovasi rumah mungil Anda dalam menterjemahkan keinginan Anda.
  • Keterbatasan biaya yang umum dihadapi oleh setiap orang.
  • Keterbatasan konsep dan ide desain untuk mengatasi tampilan rumah minimalis Anda, supaya tidak tampil monoton dan ‘itu-itu saja’.

Solusi Desain Hunian Anda

Berikut ini adalah ide-ide untuk mengatasi problem/kendala rumah idaman keluarga Anda. Sekaligus menjadi solusi bagi Anda untuk mendapatkan suatu konsep desain rumah mungil yang tampak berbeda dan cukup inspiratif. Jikalau diperlukan, maka menghubingi jasa desain rumah terbaik adalah solusinya

Beberapa konsep yang perlu diperhatikan dan dicarikan upaya untuk mengatasinya, sehingga diperoleh hasil sesuai keinginan Anda. Yakni :

1. Kesatuan kesan visual

Kesatuan kesan visual adalah konsep sederhana yang ingin Anda angkat. Yang sebisa mungkin dapat mengolah semua elemen interior yang ada; serta menggabungkannya dalam sebuah kesan visual. Menyatukan kesan visual itu sendiri sebenarnya bermakna suatu upaya untuk menghubungkan ruang atau elemen interior yang terkotak-kotak karena beda fungsi.

Kesatuan kesan visual antar ruang diharapkan dapat memberi kesan interior yang menyatu dengan kuat. Hingga kesan interior ruang secara general tampak lebih luas dari ukuran yang sebenarnya.

Gabungkan kesan visual dari beberapa fungsi ruang yang ada. Contohnya ruang menerima tamu digabung dengan ruang TV. Atau keluarga sekaligus berfungsi sebagai ruang tamu. Dapat juga ruang makan yang menerus dengan dapur.

Manfaatkan sebanyak mungkin elemen interior untuk menyatukan kesan visual dari beberapa fungsi ruang. Misalnya,  lantai, dinding serta plafon dicat dalam satu warna yang sama. Atau dalam gradasi warna yang masih senada. Pilih warna-warna yang netral, warna-warna hangat, atau warna-warna yang cerah yang bukan warna primer (merah, hijau, kuning).

Beri penguat kesan visual yang menyatu melalui penggunaan elemen interior. Gunakan jenis  tekstur, kayu dan warna yang sama pada kusen, daun pintu dan furniture Anda. Semisal, samakan kain pelapis jok ruang makan Anda dengan sofa ruang tamu.

2. Menonjolkan kesan bersih dan inspiratif.

Rumah mungil yang terlihat luas, bersih dan inspiratif adalah dambaan setiap orang termasuk Anda. Gagasan untuk menonjolkan kesan bersih dan inspiratif adalah dengan cara menata perabot yang ada.

Misalnya penggunaan furniture rumah  yang agak rendah. Seperti meja tamu yang rendah, sofa two seater dengan sandaran punggung yang rendah. Atau meja makan dengan kaki-kaki yang pendek dan diletakkan merapat dinding, dilengkapi dengan kaca bundar di atasnya.

3. Pewarnaan dan Pencahayaan Ruang

Semua ruang yang didesain pada rumah mungil sebagai rumah idaman keluarga ini harus mampu menjadi ruang yang harmonis dan romantis. Terutama pada malam hari, saat penghuni rumah mungil ini ingin berisitrahat dan bercengkrama dengan keluarga kecilnya.

Pemilihan warna yang tepat pada dinding harus dikelola dengan baik. Pilihlah warna-warna terang yang tidak membuat mata Anda lelah, seperti hijau tosca, biru muda, cream, broken white, bright pearl ataupun coklat keputihan.

Beri pencahayaan yang baik. Karena elemen cahaya memegang peranan yang cukup penting. Cahaya kuning membuat ruang menerus dalam rumah mungil idaman keluarga Anda tampak semarak.

Demikianlah pembahasan mengenai Desain Rumah Idaman Keluarga, semoga bermanfaat. Jika anda membutuhkan Jasa Arsitek Indonesia Harga Terjangkau untuk membantu mewujudkan impian rumah idaman anda, maka kami Surya Arsitek Studio bisa menjadi rekan anda untuk mewujudkan itu semua. Maka silahkan menghubungi team marketing kami di nomor 081334919286